Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan mau terus mencoba untuk meraih harapan orangtua. Kita juga perlu menye mangati si kecil atas proses yang sudah dilakukannya. Mungkin ia belum dapat meme nuhi harapan orangtua, tetapi sudah membuat kemajuan dari sebelumnya. Misalnya, “Bagus, Adek sudah tidak merebut mainan teman lagi. Lain kali, kalau mau pinjam sudah bisa minta sendiri, ya.” Berikan anak waktu untuk mengikuti nasihat yang disampaikan.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Batita membutuhkan waktu untuk mengalihkan atensi dari satu kegiatan kepada kegiatan lainnya. Oleh karena itu, apabila kita menginginkan anak untuk melakukan sesuatu, berikanlah ia jeda waktu agar dapat mengalihkan perhatiannya secara perlahan. Misal, untuk mengajaknya mandi sementara si kecil masih ingin bermain. Tawarkan, “Mandinya mau dimulai dalam hitungan 10 atau hitungan 5?” Setelah itu, hitunglah bersama dari angka satu sampai angka yang diinginkan anak. Memberi jeda waktu juga dapat dilakukan apabila kita hendak membantu anak meregulasi emo sinya. Contoh, apabila anak menangis kencang, bantu anak untuk meregulasi emosinya de ngan menarik napas dalam selama 5 hitungan.

Sampaikan apa saja yang harus dilakukan, bukan apa saja yang tidak boleh untuk dilakukan. Batita lebih mudah untuk mengikuti perintah apa saja yang harus dilakukan, dibandingkan apa saja yang tidak boleh mereka lakukan. Untuk itu dalam memberikan nasihat, berikan arah an mengenai alternatif perilaku yang harus batita lakukan. Namun begitu, pada kasus-kasus tertentu, kita boleh memberikan larang an kepada anak. Ketika anak menampilkan perilaku yang membahayakan dirinya atau anak lain, umpamanya.

Kita dapat melarang dengan tegas dan menyampaikan alternatif perilaku yang dapat dilakukan anak. Larangan akan membantu anak tahu batas, sementara memberikan alternatif perilaku akan memberi petunjuk pada anak mengenai tingkah laku yang dapat diterima. Hubungkan perintah kita de ngan sesuatu yang menyenangkan bagi anak. Menghubungkan perintah kita dengan sesuatu yang menyenangkan bagi anak akan membuat anak melakukan sesuatu yang kita harapkan dengan senang hati.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *