Categories
Berita

Teknologi Lampu – Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Teknologi Lampu – Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Mungkin kita hanya tahu beberapa alat eletronik seperti AC dan TV dapat dengan mudah dikontrol dengan smartphone. Tapi tahukah Anda jika lampu Juga bisa dikendalikan melaui ponsel pintar Ya, lampu remote kini mulai banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan penyedia lampu. General Electric, LG dan Holi salah satunya. Harga jual yang ditawarkan pun beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan. Berikut diantaranya Link General Electric perusahaan multinasional teknologi asal Amerika, menciptakan lampu pintar (Smart Light) yang dapat dikendalikan deng an smartphone. Dijuluki sebagai “Link”, lampu pintar ini dikabarkan dibanderol dengan harga yang sa n gat terjangkau. Teknologi ini sebenarnya adalah bagian dari smarthome (rumah pintar) untuk masa depan.

Sumber : Gigapurbalingga

Lampu ini dapat dikontrol dari jarak jauh melalui sebuah aplikasi pada smartphone dan dapat diatur kecerahan sinarnya sesuai suasana hati penggunanya. Sebelumnya Philips juga telah membuat teknologi lampu serupa pada 2012, yang dijual sekitar USD199 (sekitar Rp2,3 jutaan). Tetapi GE (General Electric) lalu membuat inovasi berbeda sehingga bisa membanderol bola lampunya hanya seharga US15 (sekira Rp180 ribu) saja. Dengan teknologi ini, pengguna akan mampu mengontrol lampu rumahnya dengan lebih leluasa, misalnya ketika lupa mematikan lampu saat sedang bepergian, maka dapat dilakukan dari jarak jauh dengan smartphone. Link dapat dikendalikan dengan aplikasi smartphone bernama Wink seperti dikutip melalui Ubergizmo. Holi Lain halnya dengan lampu remote Link yang berbentuk layaknya lampu konvensional.

Sekarang, terdapat juga lampu remote bernama Holi yang memiliki bentuk unik dan menarik. Lampu remote Holi berdesain kotak yang ditengahnya berlubang layaknya sebuah frame foto. Dibuat menggunakan material alumunium, Holi dapat membiaskan cahaya yang dinamis dan cocok ditempatkan di segala ruangan. Anda bisa memasang lampu remote holi dengan menyesuaikan desain warna ruangan kamar atau dengan suasana hati yang Anda rasakan sehingga dapat memberikan nilai seni yang tinggi pada ruangan Anda. Selain itu, lampu Holi yang dirancang oleh desainer asal Perancis ini juga hanya menggunakan bola lampu berukuran 40 watt yang diklaim lebih hemat energi dibandingkan lampu lainnya. Holi dapat dihubungkan dengan iOS 7 keatas dan Android 4.0 keatas dan dijual dengan bandrol U$275 atau sekitar Rp3 jutaan.

LG Smart Lamp Raksasa elektronik LG nampaknya tak ingin ketinggalan dengan teknologi lampu remote ini. Terbukti Melalui produk LG Smart Lamp, Anda bisa mengendalikan lampu langsung dari smarphone Android dan iOS dengan pengaturan yang mudah. Selain itu, lampu remote ini juga bisa disinkronisasi dengan alarm waktu dan alarm keamanan sehingga Anda bisa pergi kemanapun dengan lebih leluasa. Berjalan dengan mengandalkan koneksi Bluetooth dan WiFi, LG Smart Lamp juga dapat mengeluarkan cahaya unik saat smatphone Anda mendapat panggilan telepon.

Lampu remote ini hanya menghabiskan daya 10 watt dan dijual dengan harga U$32 atau sekitar Rp400an ribu. Untuk Anda yang ingin mencoba lampu remote, ketiga jenis lampu di atas bisa Anda coba untuk dipakai di rumah. Jika Anda menginginkan lampu remote dengan harga terjangkau Link dari General Electric bisa dijadikan pilihan, sementara jika ingin ber tur lengkap LG Smart Lamp adalah pilihan paling bijak. Lain halnya jika Anda menginginkan lampu remote bernilai seni yang tinggi, Anda bisa memilih Holi yang sangat pas untuk Anda simpan di ruangan karena cahaya yang dikeluarkannya sangat unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *