Program yang diadakan oleh lembaga ini boleh diikuti oleh semua kalangan kecuali young chef. Peserta berasal dari kalangan mahasiswa, pemilik restoran, pemilik catering, karyawan, dan ibu – ibu rumah tangga.

Dalam menyelenggarakan pelatihan, Ayu berusaha memberikan yang terbaik. Tidak hanya pesertanya yang tidak terlalu banyak, tetapi pengajarnya juga professional.

Baca Juga: Cara Membina Peserta Jadi Jasa Boga

Pengajar di lembaga ini di datangkan dari Chef Profesional, Ikatan Ahli Boga (IKA Boga) dan Ayu sendiri. Untuk lebih mengenal alat dan bahan masakan, ia kerap mengundang para supplier bahan dan peralatan untuk mengajarkan cara penggunaan alat dan pengenalan bahan.

“Supplier yang diundang terutama yang memiliki bahan dan alat baru,” jelasnya.

DAPAT SERTIFIKAT

Cukup mudah untuk menjadi peserta kursus ini. Cukup menghubungi lembaga, menentukan jadwal, mengisi formulir pendaftaran, membayar 50 persen biaya pelatihan, dan menyerahkan 2 lembar pas foto.

Setelah itu peserta akan mendapatkan resep dan buku teori. Saat pelatihan dimulai, peserta akan mendapatkan teori terlebih dahulu sebelum praktik memasak. Semua bahan praktik memasak sudah termasuk dalam biaya kursus.

Setiap kelas akan diajar oleh satu orang pengajar dan satu orang asisten. Asisten berfungsi untuk membantu pengajar, terlebih saat praktik. Semua peserta diajarkan sampai mampu membuat masakan yang diajarkan.

Usai mengikuti pelatihan, peserta diharapkan dapat memasak dan memiliki usaha. Usai mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikat.

“Bila ada lomba, akan diikutsertakan dalam lomba masak,”kata Ayu. Informasi lomba bisa di ketahui di web dan pengumuman di tempat pelatihan.

Biaya pendaftaran lomba yang diikuti ditanggung lembaga. Agar tampil maksimal saat lomba, peserta akan diberi pelatihan. Hasil lomba seperti piala dan hadiah akan diberikan kepada peserta.

Banyak sekali lomba masak yang diikuti dan berhasil dimenangkan lembaga ini, antara lain juara 1 lomba memasak ikan dan kue khas Bangka Belitung, juara 1 lomba membuat kue Nusantara dan juara IV lomba nasi murah. Kini jumlah peserta kursusnya sudah lebih dari 4 ratus orang. Mereka tersebar dalam berbagai usaha katering atau resto.

Sebagian lagi membuka usaha pesanan makanan. Ayu merasa puas dengan hasil kerjanya. “Saya senang kalau mereka berhasil. Tak ada yang menandingi perasaan bisa berguna bagi orang lain,” katanya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *