Categories
Parenting

Memahami Ayah “Luar Biasa” Bagian 2

Ukuran Luar Biasa

Ayah memang hanya lakilaki biasa tetapi ketika lakilaki itu mau dan mampu terlibat dalam merawat dan meng asuh buah hatinya, dia berubah menjadi ayah yang luar biasa. Memang sih, ukuran luar biasa itu pasti berbeda pada tiap Bunda. Menurut Della, ayah yang luar biasa itu semestinya bukan semata-mata dikaitkan dengan apa yang mereka lakukan melainkan juga dampak yang dirasakan keluarga.

Jadi perhatikan apakah dengan peran aktif ayah tersebut terjadi 5 hal berikut ini. ? Semua anggota keluarga merasa “sehat” secara emosi (tidak ada rasa tertekan, ditolak, atau dilecehkan). ? Terjadi hubungan yang saling menghargai antarpasangan dan juga antara orangtua dan anak. ? Relasi yang kian berkualitas antarorangtua. ? Kualitas hubungan bunda-anak dan ayah-anak semakin baik. ? Terjadi perimbangan antara tekanan-tekanan sosial yang dihadapi dan diperolehnya bantuan atau dukungan dari lingkungan sosial terhadap keluarga tersebut. Della juga bercerita tentang sebuah kasus yang pernah ditanganinya. Ini kisah nyata yang menurutnya menarik dan mungkin bisa menjadi inspirasi bunda dan ayah. Begini ceritanya.

Ada sebuah keluarga dengan 5 anak semuanya laki-laki. Si bunda sangat dekat dan lekat dengan anak-anaknya sehingga ia bisa dengan mudah membagi tugas ke mereka semua. Tiap anak kebagian tugas mengurus rumah. Ada yang mengepel lantai, memasak, merapikan kamar, mencuci mobil, membersihkan kamar mandi, dan lain-lain. Digilirlah seperti piket. Sementara, si ayah selalu menunjukkan sikap galak kepada anak-anaknya.

Tak pernah sekali pun ia bicara halus kepada anak-anaknya. Ayah juga punya target tinggi dan selalu menantang anakanaknya agar selalu punya prestasi dan bagus di bidang akademik. Anak-anak ini mengaku sangat takut ketika harus bicara dengan ayahnya, tetapi mereka sangat respek kepadanya karena sang bunda selalu membicarakan hal-hal yang positif tentang si ayah. Ayah yang kasar itu bisa tetap dijaga “image”-nya oleh si bunda dan tentunya anakanak, sehingga tetap menjadi figur yang penting buat keluarga.

Saat ini kelima anak mereka sudah “jadi.” Mereka semua berhasil di sekolahnya. Meski sekarang ayah mereka sudah tiada, kelima anak ini masih tetap mengenang ayah mereka. Bahkan obrolan seputar ayah selalu menjadi topik populer yang dibicarakan oleh anakanaknya. Menarik, kan? Nah, Bunda dukunglah Ayah selalu. Dan buat Ayah, selamat berjuang menjadi ayah yang luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *