1. Download dan instal PusakaCMS

Langkah-Langkah Pembuatan Website bersama NET89 – Buka website PusakaCMS di http://pusakacms.org dan klik tombol Download PusakaCMS. Setelah proses download selesai, ekstrak file PusakaCMS ke dalam folder D:/xampp/htdocs/ dan ganti nama folder pusakacms hasil ekstrak menjadi ‘pusaka’, sehingga tampilan foldernya seperti pada gambar (lihat gambar kanan atas). Setelah itu, buka browser dan ketikkan pada address bar “localhost/pusaka”. Pastikan Apache di xampp-control.exe sudah diaktifkan. Sampai sini mestinya Anda sudah bisa melihat tampilan awal website pusaka di komputermu sendiri, tanpa mesti terkoneksi Internet.

  1. Download dan pasang tema PusakaCMS

Sampai di langkah 2 sebenarnya Anda sudah bisa memulai meng isi konten website. Namun tentunya Anda ingin agar website tersebut tampilannya berbeda dengan tampilan dasar website PusakaCMS. Oleh karena itu silakan buka lagi website PusakaCMS dan klik menu Tema di bagian atas halaman. Akan muncul daftar tema PusakaCMS dengan berbagai variasi tampilan. Silakan download tema yang Anda sukai. Namun, untuk sementara ini samakan dulu langkah yang Anda buat dengan tutorial ini. Sekarang silakan download tema bernama “Kujang”.

Setelah Langkah-Langkah Pembuatan Website proses download selesai, ekstrak tema tersebut ke dalam folder D:/xampp/htdocs/pusaka/sites/, sehingga tampilan foldernya menjadi seperti yang tertera pada gambar di atas (kedua dari atas). TemaKujang sebenarnya ada di dalam folder sites/kujang/ themes/kujang/. Tapi package temaKujang menyertakan contoh konten dan semua keperluan dalam bentuk sites utuh yang sudah diset dengan tema Kujang sehingga Anda tinggal ekstrakdan modifikasi. Sekarang buka kembali browser.

Kali ini bukadengan alamat localhost/pusaka/kujang/. Sampai sini mestinya website Anda sudah tampil dengan tema Kujang. Sekarang buka file sites/kujang/config/site.json. Ada 4 poin pengaturan di dalam file site.json, yaitu “site_name”, “site_slogan”, “meta_description” dan “meta_keywords”. Dua item pertama wajib berisi nilai. Silakan edit nilai setiap item (bagian sebelah kanan titik dua), sesuai dengan website Anda. Pastikan setiap nilai dibuka dan ditutup oleh tanda kutip dua. Simpan file. Cek kembali browser dan refresh halaman localhost/pusaka/kujang/ untuk memastikan judul website sudah berubah.

Sumber : net89.net

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *