Categories
Rumah

Desain Rumah Ala Eropa di Jakarta

Desain Rumah Ala Eropa di Jakarta – Lahan berukuran kecil dan berbukit bukan halangan untuk menciptakan hunian nyaman ala rumahrumah di negara empat musim. S eperti rumah yang berada di kawasan Amerika Utara maupun Eropa. Itulah kesan pertama yang didapat saat melihat rumah yang berlokasi di daerah Bojong Koneng, sebuah kawasan perbukitan di Bandung Barat. Betapa tidak, penampilan fasad rumah tersebut menurut Dendy Darman, arsitek sekaligus desainer interior rumah ini, memang dibuat tidak seperti layaknya rumah tropis. Desain rumah ini lebih terinspirasi oleh rumah empat musim, seperti halnya rumahrumah di Amerika Utara, maupun Eropa. Pemilihan warna fasad yang hijau tua pun menjadi sebuah elemen istimewa yang dipadu warna natural dari kayu jati belanda di area pintu masuk rumah.

Ini untuk mendukung ide rumah empat musim tersebut. Tidak hanya itu, point of interest pada fasad rumah terletak pada talang air yang dibuat menyerupai cerobong asap. Padu padan elemen elemen tersebut mempertegas karakter rumah empat musim yang dimiliki oleh Franky, yang memiliki profesi sebagai penyanyi. Kontur tanah yang berbukit serta luas tanah yang terbatas menjadi perhatian utama bagi Dendy dalam mendesain rumah ini. Oleh karena itu, struktur bangunan rumah kemudian dibuat menurun, seolah memiliki basement. Tidak hanya itu, pembagian ruangan, penempatan dan pemilihan furnitur, serta penataan beberapa bagian rumah agar memiliki beberapa fungsi, merupakan solusi atas keterbatasan lahan. Rumah yang kecil dan kompak, begitulah jawaban dari Dendy ketika ditanya mengenai konsep dari rumah ini.

Karena itulah furnitur pada rumah ini dibuat dengan menyesuaikannya terlebih dahulu dengan ukuran dan bentuk ruang pada bangunan. Tentu saja tujuannya agar tetap mendapatkan penempatan yang clean, namun maksimal pada setiap ruangan. Konsep rumah yang kompak juga diterapkan melalui penggunaan mezanin pada living area agar pemilik tetap memiliki area untuk bekerja di rumah. Lebih dari itu, desainnya yang atraktif ternyata menjadi sebuah elemen dekoratif tersendiri pada area tersebut. Kehidupan yang kian modern kini tidak lagi menempatkan dapur di area belakang. Hal tersebut dipahami betul oleh Dendy dengan menempatkan dapur sebagai area pertama yang akan terpandang bagi orang yang memasuki rumah tersebut. Karena itulah dapur didesain dengan seapik dan semenarik mungkin. Namun, tentu saja tetap memperhatikan konsep rumah kompak melalui pemilihan kitchen set maupun perabotannya. Menurut Dendy, dapur pada rumah tidaklah perlu tinggi. Karenanya, pada area tersebut dibagi menjadi 2, yakni dapur di bawah, dan mezanin menempati area di atasnya. Yang menjadi daya tarik lainnya adalah pemilihan material pada interior rumah yang didominasi oleh kayu jati belanda atau pinus. Ini bukan tanpa alasan. Kayu jati belanda dipilih untuk menyesuaikan dengan daerah rumah tersebut yang berada di ketinggian. Tidak hanya itu, penggunaan kayu pinus tersebut juga dianggap cocok dengan citra rumah empat musim, seperti rumah di Amerika Utara atau Kanada. Kayu jati belanda dirasa merupakan pilihan yang tepat, karena mampu membuat rumah tersebut tetap bernuansa hangat di tengah dinginnya udara di kota kembang.

Area Sisa Beraneka Guna

Awalnya, mezanin dibuat agar dapur tidak menjadi terlalu tinggi. Namun dengan adanya mezanin, konsep rumah yang kompak pun semakin tersampaikan. Selain itu, area tersebut juga berguna untuk mendukung pekerjaan pemilik sebagai penyanyi. Oleh karena itu, mezanin tersebut dimanfaatkan menjadi “studio mini.” Untuk mempertegas konsep rumah yang kompak, mezanin didesain agar juga memiliki fungsi untuk menyimpan buku maupun pernak-pernik rumah lainnya.

Indahnya Jati Belanda

Elemen utama dari rumah tersebut adalah penggunaan kayu jati belanda pada dinding living area. Menurut Dendy, kayu-kayu tersebut merupakan kayu bekas peti kemas, sehingga mudah didapatkan. Yang membuatnya kian tampil menarik adalah lubang-lubang bekas paku pada kayu yang dibiarkan begitu saja. Kayu-kayu tersebut kemudian ditreatment secara khusus yakni dioven kemudian di-coating clear dof agar tahan terhadap cuaca.

Merajut Asa, Penuhi Ekspetasi

Sebagai pasangan baru, Franky dan Ruth Husin memutuskan untuk bertempat tinggal di Bandung. Mereka membeli rumah yang dirancang oleh Dendy Darman dari Unkl 347, karena dirasa cocok untuk memulai kehidupan yang baru. Kini, pasangan tersebut benar-benar mengapresiasi kediaman yang baru saja mereka huni mulai Januari kemarin. “Seperti tinggal di kawasan Amerika atau Eropa,” ujar Franky seraya tersenyum puas, soal rumah yang memenuhi segala ekspektasinya tersebut. Tak lupa rumah nya di bekali dengan genset jakarta yang berkualitas. Genset merupakan perangkat penting untuk menopang aktifitas kehidupan sehari hari, khususnya ketika lampu di rumah mu terjadi pemadaman. Untuk itulah pastikan anda membeli genset di supplier jual genset jakarta yang terbaik dan terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *